Ingin Tidur Berkualitas? Inilah Tips Memilih Bantal Tidur

Bantal menjadi salah satu komponen penting saat tidur. Umumnya tidur yang cukup sekitar 7-8 jam sehari. Oleh karena itu kamu perlu memperhatikan bantal tidur yang kamu pilih untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Sebagian orang mungkin menganggap sepele pemilihan bantal. Namun jika salah memilih, tidur menjadi tidak nyenyak dan berakibat menurunnya kualitas tidur. Berikut adalah tips memilih bantal tidur untuk tidur yang lebih berkualitas.

Manfaat Bantal Tidur yang Baik

Pemilihan bantal tidur yang tepat akan memberikan beberapa manfaat, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mencegah sakit leher, pilihlah bantal yang tepat supaya kamu tidak mengalami sakit leher. Sesuaikan dengan posisi supaya leher tetap terjaga dengan baik.
  • Postur tidur lebih baik, bantal yang tepat akan membuat posisi tubuhmu tetap netral sehingga untuk kondidi tubuh tertentu disarankan untuk selektif dalam memilih bantal tidur.

Tips Memilih Bantal yang Tepat

Ada beberapa tips yang perlu kamu ketahui dalam memilih bantal tidur.

  • Perhatikan posisi tidur

Sebelum memilih bantal, perhatikan dahulu posisi tidurmu. Posisi tidur akan memengaruhi jenis bantal yang dipakai. Jika kamu suka tidur dalam posisi telentang, kamu memerlukan bantal yang tipis untuk menjaga posisi kepala tetap sejajar dengan bahu.

Supaya dapat menopang leher, pilihlan bantal yang memiliki tonjolan atau ekstra busa di bagian bawah bantal.

Jika kamu suka tidur tengkurap, maka bantal yang harus kamu pilih adalah bantal yang sangat tipis atau tidur tanpa bantal sama sekali. Tengkurap dapat membuat punggung bawah mendapatkan lebih banyak tekanan. Supaya lebih nyaman, kamu bisa tidur dengan posisi menyamping. Kamu bisa menggunakan bantal untuk memberikan tekanan pada perut seperti saat tidur tengkurap.

Nah, jika kamu suka tidur posisi miring, gunakan bantal tidur yang menggunakan bahan lateks, bantal lateks lebih padat dan berfungsi untuk mengganjal bahu dan telinga.

Saat tidur posisi miring, maka wajah akan menempel pada sarung bantal, oleh karena itu perhatikan juga kain sarung bantal supaya tekstur sarung bantal tidak menempel atau membekas di kulit.

  • Pertimbangkan kondisi kesehatan

Kamu perlu memperhatikan bahan dari bantal yang kamu gunakan, terutama jika kamu memiliki alergi tertentu. Pilihlah bantal yang memiliki label hypoallergenic, jenis bantal hypoallergenic biasanya berbahan dasar wol atau katun. Bahan jenis ini dapat mencegah jamur dan tungau yang biasanya ada di tempat tidur dan bantal.

Jika kamu sering mengalami sakit leher, maka pilihlah bantal yang dapat mengikuti bentuk leher. Kamu perlu menghindari bantal yang keras dan terlalu tinggi, karena dapat membuat leher menekuk selama kamu tidur dan dapat menyebabkan sakit pada leher ketika kamu bangun.

  • Sesuaikan dengan postur tubuh

Menyesuaikan bantal dengan postur tubuh menjadi poin yang penting saat memilih bantal tidur. Jangan memilih bantal ukuran queen, large atau king jika kamu memiliki postur tubuh yang kecil. Ukuran bantal tersebut terlalu tinggi dan dapat menyebabkan ketegangan pada otot leher dan bahu.

Selain ukura, kamu juga perlu memperhatikan isi bantal tidur yang kamu gunakan. Rekomendasi isi bantal tidur yang baik adalah bulu angsa, busa, lateks, wol atau katun dan memory foam atau busa memori.

Itulah beberapa tips memilih bantal tidur yang dapat kamu gunakan sebagai referensi sebelum menentukan bantal yang kamu pilih. Pastikan sesuai dengan kondisi tubuhmu sehingga kamu mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.